Friday, May 28, 2010

Sepakbola Jatim berkuasa di musim 2009/2010

Komentar Bola minggu ini akan menyoroti kesuksesan klub-klub asal Jawa Timur dalam menjuarai kompetisi yang diselenggarakan baik BLI (Badan Liga Indonesia) maupun BLAI (Badan Liga Amatir Indonesia). Musim 2009/2010 ini bisa dikatakan sebagai musim milik sepakbolanya Jawa Timur. Mulai dari Divisi III hingga kasta tertinggi, Liga Super Indonesia (atau Indonesia Super League). Namun, hanya 3 divisi teratas saja yang berhasil dijuarai oleh klub asal Jatim.

Pada Divisi III PSSI, 2 klub asal Jatim sukses menembus babak semifinal, yaitu PS Perseba Bangkalan dan Persenga Nganjuk. Sayangnya kedua klub tersebut gagal melaju ke final setelah dikalahkan lawan-lawannya. Perseba dikalahkan Penajam Pasir Utara dan Persenga dikalahkan Persewar Waropen.
Pada Divisi II PSSI, Persiwangi Banyuwangi menjadi satu-satunya klub yang mampu menembus 4 besar Divisi II dan bahkan sampai ke babak final. Sayangnya, Persiwangi kandas oleh Persikasi Bekasi di final.
Pada Divisi I, kesuksesan kembali diraih klub asal Jatim, yaitu Persekam Metro Kabupaten Malang. Persekam berhasil menjuarai Divisi I setelah berhasil mengalahkan Persemalra Maluku Tenggara di babak final.

Pada kasta tertinggi sepakbola Indonesia, Indonesia Super League, Arema Indonesia secara mengejutkan meraih gelar juara ISL 2009/2010. Arema Indonesia, yang dulunya bernama Arema Malang, merupakan salah satu klub dari beberapa klub asal Jatim yang berlaga di ISL 2009/2010.

Terakhir, pada Divisi Utama Indonesia, yang kini memasuki babak final yang mempertemukan antara 2 klub asal Jatim, yaitu Persibo Bojonegoro dan Deltras Sidoarjo. Telah jelas bahwa gelar juara Divisi Utama akan diraih klub asal Jatim, yang sekaligus juga akan membuat peserta ISL musim depan asal Jatim bertambah. Pada musim ini (09/10), ada 5 klub asal Jatim yang berlaga di ISL, yaitu Arema Indonesia (Juara ISL 09/10), Persema Malang, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, Persik Kediri. 

Namun, 2 klub dari total 5 klub terancam terdegradasi. 2 klub tersebut adalah Persebaya (peringkat ke-15) dan Persik Kediri (peringkat ke-17). Salah satu dari 2 klub tersebut dipastikan akan terdegradasi melihat perolehan poin tak mencukupi untuk mencapai batas aman. Dan sepertinya akan digantikan oleh 2 klub lain asal Jatim yang telah memastikan diri promosi ke ISL 10/11, Persibo dan Deltras.

Hasil ini cukup menunjukkan bahwa musim ini, musim 2009/2011 dikuasai oleh klub-klub asal Jawa Timur yang sukses menjuarai masing-masing divisi yang diikutinya.

0 comments: