Tuesday, August 17, 2010

Inter Island Cup (IIC) 2010

Tahun ini, PT. Liga Indonesia akan (kembali) menyelenggarakan Inter Island Cup (IIC). Tahun lalu yang seharusnya sudah diadakan, tapi gagal diselenggarakan. IIC 2010 ini merupakan turnamen antarpulau sebagai turnamen pra-kompetisi ISL 2010/2011, yang mempertandingkan klub-klub dari 5 pulau besar yang ada di Indonesia, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Masing-masing pulau diwakili 1 klub, hanya saja khusus untuk Pulau Jawa diwakili 2 klub karena pertimbangan jumlah klub yang amat banyak.

Peserta IIC 2010 dipilih berdasarkan peringkat terbaik di ISL 2009/2010. Enam klub tersebut adalah Sriwijaya FC (Pulau Sumatera), Persib Bandung dan Arema Indonesia (Pulau Jawa), Persiba Balikpapan (Pulau Kalimantan), PSM Makassar (Pulau Sulawesi), dan Persipura Jayapura (Pulau Papua). Namun sebenarnya, wakil dari P. Sumatera adalah PSPS bukan Sriwijaya FC. Hal ini dikarenakan peringkat PSPS lebih baik dari Sriwijaya FC di ISL musim lalu. Tapi, karena pertimbangan Sriwijaya FC sebagai juara Piala Indonesia 2010 ini, akhirnya dipilih SFC sebagai wakil dari P. Sumatera.

Turnamen ini akan dimulai tanggal 27 Agustus 2010 mendatang dan akan diselenggarakan di dua kota dan dibagi dalam dua grup. Grup A mempertemukan Persiba, Sriwijaya FC, dan Persib dengan tuan rumah Kota Palembang. Grup B mempertemukan Arema, PSM, dan Persipura dengan Kota Malang sebagai tuan rumah. Juara grup akan langsung bertemu di partai final pada tanggal 5 September 2010.

Siapa bakal jadi juara IIC 2010 edisi perdana ini? nantikan kabar selanjutnya.

0 comments: